Sabtu 29 April 2017

Bidang Usaha

Bidang usaha PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang adalah jasa kebandarudaraan (Airport Services) yang terbagi atas 2 (dua) bagian besar, yaitu Jasa Aeronautika dan Jasa Non-Aeronautika.

Jasa Aeronautika
Jasa aeronautika adalah jasa layanan yang diberikan kepada perusahaan penerbangan dan penumpang yang terdiri dari:

Aircraft Parking
Aircraft Parking yakni jasa penempatan dan penyimpanan pesawat dalam bandar udara. Untuk itu, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang memberikan fasilitas apron yang dapat menampung sampai dengan 8 (delapan) pesawat dari berbagai jenis. Selain apron, bekerja sama dengan berbagai instansi, disediakan pula fasilitas pengisian bahan bakar, perawatan pesawat dan kebutuhan pendukung operasional perusahaan penerbangan.

Passenger Processing
Passenger Processing yaitu jasa layanan penumpang dalam bandar udara. PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Achmad Yani Semarang memberikan fasilitas terminal penumpang yang nyaman dan dapat menampung sampai dengan 2 (dua) juta penumpang pertahun. Dalam terminal penumpang tersebut diberikan fasilitas check-in, transit, serta boarding penumpang.

Jasa Non-Aeronautika
Jasa non-aeronautika adalah jasa layanan pendukung kebutuhan perusahaan penerbangan dan penumpang dengan bekerjasama dengan berbagai pihak yang terdiri dari:

Food and Beverages, layanan makanan dan minuman didalam maupun diluar terminal bandar udara.
Retail, layanan perbelanjaan untuk kebutuhan penumpang dimana didalamnya termasuk dutyfree,
Advertising, sebagai fasilitas umum yang strategis, bandar udara menyediakan ruang bagi iklan yang dapat digunakan oleh berbagai perusahaan.
Property, bandar udara menyewakan ruang (space) dalam maupun diluar terminal penumpang yang dapat disewa untuk berbagai kebutuhan.
Parkir Kendaraan, layanan parkir kendaraan penumpang maupun penjemput termasuk didalamnya layanan taxy dan lainnya.
Cargo Service, layanan pengelolaan kargo pesawat termasuk didalamnya pemeriksaan dan penyimpanan kargo.